Kominfo Bakal Tindak Tegas Penyebar Hoaks Virus Korona

Medikantyo, Jurnalis · Senin 09 Maret 2020 22:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 207 2180748 kominfo-bakal-tindak-tegas-penyebar-hoaks-virus-korona-d3qtmVYu7j.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mengambil langkah tegas kepada pembuat dan penyebar kabar bohong (hoaks) mengenai virus korona (COVID-19). Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyebut pihaknya memiliki dasar untuk memberantas hoaks tersebut.

Sudah ada 177 topik hoaks terkait virus korona yang ditemukan Kominfo. Penelusuran dilakukan pada kurun waktu Januari sampai Maret 2020 dari berbagai sumber platform berbagi informasi digital.

Tindakan mulai dari pemblokiran, penghapusan konten, hingga tuntutan hukum disiapkan oleh Kominfo menghadapi penyebaran hoaks di ranah digital. Semuel mengungkap sebanyak enam kasus hoaks korona sudah berlanjut ke jalur hukum, dengan pelaporan di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Banten.

"Kominfo juga memiliki prosedur untuk meminta penghapusan konten jika diketahui mengandung hoaks virus korona. Namun, hal tersebut harus berjalan sesuai peraturan maupun prosedur dengan pemilik platform," kata Semuel saat mengisi acara Hoax Virus Corona: Strategi & Mitigasi Krisis Informasi pada Senin (9/3/2020) di Jakarta.

Literasi terhadap penyebaran informasi di era digital, menurut Semuel, menjadi kunci menghambat penyebaran hoaks terkait virus korona di Indonesia. Jangan sampai masyarakat justru menjadi penyebar dari hoaks itu sendiri, hingga merugikan orang lain.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini