NHS Perangi Berita Hoaks Virus Korona di Twitter

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 207 2181004 nhs-perangi-berita-hoaks-virus-korona-di-twitter-Lx7lxP5JoH.jpg (Foto: Twitter)

JAKARTA - NHS (National Health Service) memerangi berita palsu atau kabar hoaks tentang virus korona di Twitter. Berita palsu tersebut menyebarkan informasi yang menyesatkan tentang wabah virus korona.

Dilansir BBC, satu akun palsu mengaku atas nama rumah sakit di Andover, mendesak kota Hampshire untuk "pindah ke tempat terkunci" di tengah "masuknya pasien". NHS mengatakan telah melakukan intervensi untuk menutup akun tersebut.

Akun NHS resmi di Twitter, Instagram dan Facebook ditandai dengan benar.

NHS mengatakan pihaknya tidak melacak pemilik akun "Andover hospital", yang secara keliru memperingatkan tentang "masuknya pasien" yang menunjukkan gejala coronavirus.

"NHS telah memerangi pemberitaan virus korona, mulai dari bekerja untuk menghapus akun Twitter palsu hingga menentang perlakuan yang menyesatkan yang dipromosikan oleh homeopaths online," kata Kepala eksekutif NHS, Sir Simon Stevens.

Ia mengatakan, organisasi bekerja dengan platform media sosial untuk memverifikasi atau "menandai" lebih dari 800 akun NHS resmi.

NHS mengatakan telah bekerja dengan Google untuk menampilkan situs web resmi dengan hasil yang lebih menonjol ketika orang mencari coronavirus.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini