Membersihkan Ponsel untuk Cegah Penyebaran Virus Korona

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 56 2182066 membersihkan-ponsel-untuk-cegah-penyebaran-virus-korona-65GfRBXJc4.jpg Ilustrasi (Foto: Mashable SEA)

JAKARTA- Virus korona (COVID-19) telah menyebar di Indonesia dan seluruh dunia. Bahkan sudah 114 negara dan lebih dari 125 ribu pasien terinfeksi. Untuk mencegah penyebaran virus, kita mungkin sering mendengar pengingat untuk membersihkan tangah dan menutupi batuk.

Selain itu, mungkin ada yang sering terlewat yakni ponsel kita. Dilansir dari laman syracuse, Kamis (12/3/2020) sejatinya, menjaga kebersihan ponsel juga penting.

Menurut analisis dari Journal of Hospital Infection, virus korona dan kuman lain dapat hidup di permukaan seperti kaca, logam atau plastik hingga sembilan hari. Ponsel juga diketahui lebih banyak mengandung bakteri daripada toilet.

Sehingga tidak peduli berapa kali mencuci tangan dan sanitasi yang dilakukan, ketika kita segera berbalik dan mengambil ponsel yang tidak bersih, maka akan terpapar kuman juga.

Bahkan, direktur layanan medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak, mengatakan pada konferensi pers bahwa membersihkan ponsel adalah tindakan pencegahan yang lebih penting daripada mengenakan masker.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini