Robot Dikerahkan untuk Merawat Pasien Virus Korona

INews.id, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 56 2182329 robot-dikerahkan-untuk-merawat-pasien-virus-korona-iTsgW4tqsG.jpg (Foto: CloudMinds)

BEIJING - Robot medis telah dikembangkan China untuk membantu merawat pasien virus korona, dikutip inews. Pemanfaatan robot bisa mengurangi tekanan pada staf medis.

Rumah sakit yang berfokus pada teknologi dibuka di Wuchang, Wuhan Sabtu lalu. Rumah sakit ini menggunakan enam jenis robo-doctors untuk mengukur suhu, mengantarkan makanan, mengelilingi bangsal, dan membersihkan area yang terinfeksi.

Selain robot, rumah sakit juga sudah dilengkapi dengan 5G. Teknologi jaringan terbaru dipasang untuk memungkinkan pembaruan langsung dan komunikasi cepat.

Robot yang disumbangkan oleh perusahaan cloud-robotic China CloudMinds dibuat dalam kurun waktu kurang dari seminggu.

Menurut laporan China, rumah sakit sementara yang didirikan setelah krisis korona tidak efisien, sehingga membutuhkan komunikasi dan teknologi perawatan yang lebih efisien.

Pejabat China berharap robot dan komunikasi yang lebih baik dapat mengurangi beban kerja pada lebih dari 3.000 staf medis di Provinsi Hubei yang telah terinfeksi COVID-19 sejak wabah dimulai.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini