Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Korona Bisa Hinggap di Permukaan Ponsel, Ini Cara Membersihkannya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 10:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 12 92 2182051 virus-korona-bisa-hinggap-di-permukaan-ponsel-ini-cara-membersihkannya-YipWzMNdJR.jpg Ilustrasi (Foto: CNet)

JAKARTA- Menurut analisis dari Journal of Hospital Infection, virus korona (COVID-19) dan kuman lain dapat hidup di permukaan seperti kaca, logam atau plastik hingga sembilan hari. Ini artinya virus bisa hidup pada ponsel dalam waktu tertentu. Selain itu ponsel juga diketahui lebih banyak mengandung bakteri daripada toilet.

Selain mencuci tangan, menjaga imunitas, dan kebersihan. Membersihkan ponsel Anda bisa menjadi langkah pencegahan yang tepat. Berikut beberapa langkah tepat untuk membersihkan ponsel Anda, seperti dilansir dari laman syracuse, Kamis (12/3/2020).

1. Pertama-tama copot pelindung atau case ponsel Anda

2. Persiapkan kain kering dan lembut untuk membersihkan ponsel Anda. Hindari menggunakan tisu dan kertas yang kasar, karena dapat meninggalkan goresan.

3. Semportkan disinfektan ke kain yang sudah Anda siapkan. Jangan lansung menyemprotkan ke ponsel, hindari juga lubang agar cairan tidak langsung masuk ke mesin ponsel.

4. Kemudian bersihkan dengan lembut ponsel Anda dan keringkan.

5. Anda juga perlu untuk membersihkan case pelindung dengan mencucinya secara bersih atau menyemprotkan cairan disinfektan. Anda juga bisa menjemur case di bawah sinar matahari agar kuman mati.

6. Terakhir, jangan pernah menggunakan ponsel Anda di toilet. Selain itu jika berada diarea publik lebih baik menyimpan ponsel Anda di tas Anda.

Mengingat banyaknya jenis dan merek ponsel saat ini, setiap ponsel pasti memiliki penanganan pembersihan yang berbeda. Anda bisa mengkonsultasikan langsung ke website resmi produsen. Untuk ponsel Pixel, Google merekomendasikan penggunaan sabun rumahan biasa sebagai cairan pembersih atat tisu pembersih.

Sementara itu, Apple mengatakan bahwa pengguna iPhone dapat menggunakan alkohol isopropil 70% atau tisu desinfektan Clorox.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini