Cegah Virus Korona, 6 Perusahaan Teknologi Ini Izinkan Karyawan Kerja dari Rumah

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 14 Maret 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 207 2183004 cegah-virus-korona-6-perusahaan-teknologi-ini-izinkan-karyawan-kerja-dari-rumah-WCrpj2tUcm.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan virus korona (COVID-19) sebagai pandemi. Ini artinya penyakit menular yang menyebar dari satu orang ke orang lainnya di banyak negara pada waktu yang bersamaan.

Tercatat, sudah lebih dari 130 ribu pasien yang terinfeksi di seluruh dunia. Sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, beberapa perusahaan telah mengimbau karyawannya untuk berkeja dari rumah, berikut daftarnya.

Snapchat

CEO Snapchat, Evan Spiegel telah meminta seluruh karyawan untuk bekerja dari rumah. Aturan ini merupakan upaya untuk mencegah risiko penyebaran virus korona (COVID-19). Meskipun demikian, kantor Snapchat tidak sepenuhnya tutup. Spiegel mengatakan bahwa masih ada beberapa karyawan yang memiliki kepentingan untuk pergi ke kantor.

Aturan ini datang setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi global.

Twitter

Twitter juga telah mengimbau seluruh karyawan untuk bekerja dari rumah. Langkah tersebut untuk mencegah penyebaran virus korona (COVID-19).

"Mulai hari ini, kami sangat mendorong semua karyawan secara global untuk bekerja dari rumah jika mereka mampu," kata pihak Twitter dalam blog resminya.

Facebook

Facebook telah menutup kantor hingga 9 Maret setelah ditemukan karyawan asal Singapura yang berkunjung didiagnosis positif terinfeksi virus corona (COVID-19).

Facebook meminta kepada siapa pun yang melakukan kontak dengan karyawan yang dinyatakan positif untuk mengisolasi diri dan memantau gejalanya. Facebook juga mengimbau karyawan bekerja dari rumah.

Google

Google memerintahkan kepada ribuan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Dikutip Theguardian, kantor Google di Grand Canal Dock, juga dikenal sebagai Silicon Docks, di ibukota Irlandia sudah mulai terlihat sepi.

Microsoft

Microsoft memerintahkan karyawan kerja dari rumah terkait wabah virus korona. Dilansir Nasdaq, sistem bekerja dari rumah kabarnya diterapkan hingga 25 Maret.

Wakil Presiden Eksekutif Microsoft, Kurt Delbene mengatakan kepada para karyawannya bahwa langkah-langkah tersebut dilakukan untuk memastikan keselamatan karyawan dan membuat tempat kerja lebih aman.

Apple

CEO Apple, Tim Cook menawarkan kepada karyawan di kantor global mereka untuk bisa bekerja dari rumah. Perusahaan mengumumkan kebijakan baru terkait wabah virus korona, dikutip Macrumors.

Karyawan di beberapa kantor global telah diberitahu dengan bunyi pesan, "merasa bebas untuk bekerja dari jarak jauh jika pekerjaan Anda memungkinkan," untuk 9-13 Maret. Pesan ini berdasarkan memo internal yang diperoleh Bloomberg dan kemudian dikonfirmasi oleh juru bicara Apple.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini