Tips Mencegah Serangan Malware Virus Korona

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 207 2183025 tips-mencegah-serangan-malware-virus-korona-zWAYPcqWvV.jpg (Foto: Johns Hopkins University)

JAKARTA - Hacker dapat memanfaatkan ketakutan terkait virus korona untuk menyebarkan malware. Dikutip Laptopmag, berhati-hati ketika Anda berselancar di dunia maya, khususnya bila mencari informasi tentang virus korona.

Setiap kali lalu lintas pencarian global meningkat untuk suatu topik tertentu, ini memberi peluang pelaku kejahatan cyber untuk mengembangkan perangkat lunak berbahaya. |

Topik saat ini ialah pandemi global. Mengetahui jutaan orang mencari berita tentang masalah ini, peretas membuat situs web yang dianggap sebagai sumber berita yang sah tetapi mengandung kode jahat.

Agar tidak menjadi korban hacker, beberapa hal yang bisa pengguna lakukan ialah waspada terhadap situs web yang di-posting ke media sosial. Mesin pencari biasanya menghasilkan hasil yang lebih aman ketimbang posting-an teman Anda.

Pengguna juga diminta berhati-hati untuk tidak mengunduh file apa pun sebelum memverifikasi sumbernya. Berikutnya, pengguna dapat mengunduh perangkat lunak antivirus untuk laptop.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini