ESA Ungkap Polusi Udara di Italia Berkurang

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 15 56 2183680 esa-ungkap-polusi-udara-di-italia-berkurang-npaJuo3fU0.jpg Ilustrasi (Foto: Time)

JAKARTA- Badan Antariksa Eropa (ESA) mengungkapkan bahwa udara di Italia lebih bersih dari polusi. Ini terjadi setelah Pemerintah Italia memberlakukan lock-down, sebagai respon jumlah kasus virus korona (COVID-19) semakin meningkat.

Melansir laman Space, Minggu (15/3/2020), lengkapnya satelit Copernicus Sentinel-5P yang berfungsi mengawasi polusi udara di atmosfer. Satelit ini memperlihatkan kondisi udara di Italia yang tampak bebas dari emisi ketika dilihat dari ruang angkasa.

Penurunan emisi nitrogen oksida terjadi sepanjang dua setengah bulan pertama di 2020. Lock-down yang ditetapkan oleh pemerintah Italia membuat banyak warga memilih untuk tidak keluar dari rumah. Perubahan inilah yang membuat emisi nitrogen dioksida di sana menurun tajam.

Copernicus Sentinel-5P tidak hanya mengukur emisi nitrogen dioksida, tapi juga memantau ozon, sulfur dioksida, karbon monoksida, hingga metana. Semua ini dapat memengaruhi kesehatan manusia dan iklim, alasan itu yang membuat ESA terus melakukan monitoring.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini