Bekerja dan Belajar dari Rumah, Kominfo dan Operator Pastikan Kesediaan Bandwith

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 54 2184173 bekerja-dan-belajar-dari-rumah-kominfo-dan-operator-pastikan-kesediaan-bandwith-YCtCBIQAOl.jpg Ilustrasi (Foto: Network World)

JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan operator telekomunikas dan platform digital akan mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo agar masyarakat dapat bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

"Menindaklanjuti arahan Presiden kami sepakat mendukung kebijakan Presiden Jokowi untuk mendukung masyarakat agar bisa bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah atau saat ini dikenal dengan social distancing," ujar Menteri Johnny dalam Konferensi Pers Dukungan Sektor Kominfo untuk Penanganan Covid-19 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Senin (16/03/2020).

Beberapa dukungan tersebut yakni penyediaan bandwith, kualitas layanan yang baik, penangkalan berita hoaks, maupun insentif lainnya. Johnny menambahkan keterlibatan penyelenggara telekomunikasi bukan hal yang baru.

"Bagi perusahan telekomunikasi untuk menyediakan bandwith tambahan dan kualitas layanan. Biasanya dilakukan pada hari raya atau event nasional dan internasional, bahkan jika ada bencana ada deployment infrastruktur," jelasnya.

Menurut Johnny, Penyelengara Telekomunikasi sudah mengetahui masing-masing.

"Optimum use berapa dan traffick paling tinggi dimana, secara teknis akan dilakukan penyelenggara," ujarnya.

Mengenai temuan hoaks mengenai corona yang dipantau Tim Ais Kementerian Kominfo, Johnny menyebut sampai saat ini sudah ada 232 isu hoaks.

"Sampai dengan hari ini bisa saya sampaikan ada 232 isu hoaks, di antaranya yang ke 232, hoaks yang Presiden Jokowi Terkena Virus Corona. Kelatahan seperti ini merugikan diri sendiri, masyarakat dan bangsa dan negara," imbuh dia.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini