Antisipasi Lonjakan Data Ditengah COVID-19, Operator Pastikan Jaringan Aman

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 54 2184206 antisipasi-lonjakan-data-ditengah-covid-19-operator-pastikan-jaringan-aman-SF1xlc9svq.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Beberapa operator telekomunikasi di Indonesia memastikan keamanan jaringan ditengah bencana nasional COVID-19. Lonjakan layanan data diprediksi akan meningkat sejalan dengan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah. Kebijakan tersebut diberlakukan untuk mengurangi angka penyebaran COVID-19. Di Indonesia saat ini angka kasus COVID-19 meningkat hingga 134 kasus.

President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama mengatakan pihaknya belum melihat adanya kenaikan yang signifikan untuk trafik Data dan Voice dalam satu bulan terakhir. Meskipun demikian, Indosat Ooredoo akan memastikan performansi jaringan dalam mendukung komunikasi lancar bagi pelanggan, termasuk kesiapan kapasitas jaringan untuk melayani peningkatan trafik.

"Layanan service center pelanggan juga selalu siap untuk membantu pelanggan di Gerai Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia, namun kami tetap mengimbau agar pelanggan dapat memaksimalkan channel digital," ungkap dia.

Disisi lain Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan Telkomsel akan terus memantau perkembangan situasi terkini terkait pandemi wabah COVID-19.

"Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah sebagai dampak diberlakukannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah oleh sejumlah perusahaan dan sekolah," kata dia.

Adapun pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan COVID-19, seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait. Senada dengan yang lain, Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa jaringan XL Axiata tetap siap menghadapi potensi atau kemungkinan adanya kenaikan trafik dengan perkembangan kondisi yang ada tersebut.

"Monitoring terhadap performa dan kualitas jaringan tentu terus menerus dilakukan XL Axiata selama 24 jam untuk mengantisipasi potensi lonjakan trafik sehingga kenyamanan pelanggan tetap terjaga. Bilamana terjadi peningkatan trafik layanan, kami akan melakukan penyeimbangan (balancing) trafik terlebih dahulu untuk memastikan perfoma jaringan tetap terjaga," kata dia.

Lebih lanjut, Deputy President Director Hutchison 3 Indonesia, M. Danny Buldansya mengungkapkan pihaknya telah memastikan seluruh produk dan layanan dapat diandalkan. Selain itu, 3 Indonesia akan memantau adanya peningkatan data yang diprediksi lebih besar, seperti penggunaan video conference dan aplikasi lainnya.

“3 Indonesia turut prihatin dengan semua pihak yang terdampak penyebaran pandemi kini. Kami berharap situasi segera pulih agar masyarakat dapat kembali beraktivitas normal,” ujar dia.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini