Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Ingin Ponsel Jadi Perantara Virus Korona, Ini Caranya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 16 92 2184060 tak-ingin-ponsel-jadi-perantara-virus-korona-ini-caranya-QogJcFBeTU.jpg Ilustrasi (Foto: APK Metro)

JAKARTA- Menurut sebuah studi virus korona (COVID-19) dapat bertahan dipermukaan logam, kaca, dan plastik dalam beberapa hari. Oleh sebab itu, virus dapat hinggap di ponsel. Apalagi ponsel dikatakan memiliki bakteri yang lebih banyak dari toilet.

Meskipun demikian jangan khawatir, Anda tentunya harus menjaga kebersihan ponsel. Selain mencuci tangan dengan bersih ponsel juga harus dibersihkan secara rutin.

Jangan pernah mengeluarkan ponsel Anda di tempat umum, lebih baik taruh di dalam tas. Selain itu bersihkan ponsel terlebih dahulu sebelum menyentuhnya. Atau ketika Anda selesai memegang ponsel, cobalah untuk sering mencuci tangan ketika akan menyentuh muka atau makan.

Dilansir dari laman syracuse, Senin (16/3/2020) virus yang menempel pada benda seperti ponsel bisa dimatikan dengan cairan disinfeksi. Meskipun demikian, saat membersihkannya juga harus hati-hati. Berikut tips untuk membersihkannya dengan baik dan benar:

1. Pertama-tama copot pelindung ponsel atau casing.

2. Bersihkan dengan lembut menggunakan kain untuk mengurangi bekas minyak dan sidik jari. Hindari menggunakan tisu dan kertas yang kasar, karena dapat meninggalkan goresan.

3. Kemudian, ambil kain baru dan semprotkan disinfeksi. Jangan lansung menyemprotkan ke ponsel, hindari juga lubang agar cairan tidak langsung masuk ke mesin ponsel.

4. Kemudian bersihkan dengan lembut ponsel Anda dan keringkan.

5. Anda juga perlu untuk membersihkan case pelindung dengan mencucinya secara bersih atau menyemprotkan cairan disinfektan. Anda juga bisa menjemur case di bawah sinar matahari agar kuman mati.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini