Waspada Malware, Jangan Klik Sembarang Situs dan Email Terkait Virus Corona

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 17 Maret 2020 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 207 2184551 waspada-malware-jangan-klik-sembarang-situs-dan-email-terkait-virus-corona-Ksmg9MBu2Z.jpg Ilustrasi (Foto: Mundo Contact)

JAKARTA- Peretas telah memanfaatkan pandemi virus corona (COVID-19) untuk melakukan kejahatan. Mereka melakukan praktik kejahatan melalui metode phising dengan mengirimkan situs mengandung malware lewat email.

Perusahaan Cybersecurity, Check Point telah menemukan lebih dari 4.000 domain terkait virus corona dengan kata kunci corona dan covid pada awal 2020. Lebih dari 3 persen dari domain tersebut dianggap jahat dan 5 persen lainnya mencurigakan.

Tiga persen mungkin tidak terlalu banyak, tetapi menurut Check Point, ini berarti bahwa domain yang berhubungan dengan virus corona 50 persen lebih cenderung berbahaya daripada domain lain yang terdaftar pada periode waktu yang sama. Lalu apa yang harus Anda lakukan agar tidak terinfeksi malware?

Pertama-tama, lebih baik menghindari situs web yang mencurigakan dan tidak mengaksesnya. Jika email menunjukkan domain yang terkait dengan virus corona atau tautan, sebaiknya lakukan tindakan pencegahan yang memadai, jangan mengklik sembarangan.

Ketika Anda mengklik tautan berbahaya, maka hacker dapat meretas ponsel Anda dan mengambil data-data pribadi seperti media sosial hingga data banking.

Jumlah domain yang mengandung kode berbahaya diperkirakan akan meningkat. Telah dilaporkan bahwa dalam beberapa hari terakhir, pendaftaran nama domain yang terkait dengan virus corona telah meroket. Itu sebabnya ada kekhawatiran yang berkembang bahwa lebih banyak situs dapat digunakan untuk meretas di masa depan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini