Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Itu Asteroid?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 17 Maret 2020 14:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 17 56 2184645 apa-itu-asteroid-ntLZN9ZVnC.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Asteroid merupakan benda langit berbatu yang mengorbit Matahari. Meskipun asteroid mengorbit Matahari seperti planet, mereka jauh lebih kecil dari planet.

Dilansir dari laman Space Place, Selasa (17/3/2020) ada banyak asteroid di tata surya kita. Sebagian besar dari mereka tinggal di sabuk asteroid utama yakni di wilayah antara orbit Mars dan Jupiter.

Asteroid juga ada di tempat lain. Sebagai contoh, beberapa asteroid ditemukan di jalur orbit planet. Ini berarti bahwa asteroid dan planet ini mengikuti jalur yang sama mengelilingi matahari. Bumi dan beberapa planet lain memiliki asteroid seperti ini.

Dari mana asteroid berasal?

Asteroid yang tersisa dari pembentukan tata surya kita. Tata surya kita dimulai sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu ketika awan besar gas dan debu runtuh. Ketika ini terjadi, sebagian besar materi jatuh ke pusat awan dan membentuk matahari.

Beberapa debu kondensasi di awan menjadi planet. Benda-benda di sabuk asteroid tidak pernah memiliki kesempatan untuk dimasukkan ke dalam planet. Mereka adalah sisa dari waktu yang lama ketika planet terbentuk.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini