Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Operator Telekomunikasi Catatkan Lonjakan Data Pasca Kebijakan Social Distancing

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 10:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 18 54 2185078 operator-telekomunikasi-catatkan-lonjakan-data-pasca-kebijakan-bekerja-dan-belajar-dari-rumah-z8PWKNX266.jpg Ilustrasi percakapan via Whatsapp di ponsel (Foto: Wikimedia)

JAKARTA- Beberapa operator telekomunikasi mencatatkan adanya lonjakan data pasca kebijakan bekerja dan belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah mengungkapkan bahwa trafik layanan 3 Indonesia naik jika dibandingkan dengan hari yang sama pada pekan sebelumnya, Senin (16/3/2020).

"Trafik layanan konvensional seperti voice call meningkat sebesar 5-10% dan trafik data meningkat sebesar 15%-20%. Lonjakan data ini memuncak justru di luar jam sibuk, yaitu pada pukul 06.00 WIB sampai 12.00 WIB," kata Danny.

Lebih lanjut ia mengungkapkan beberapa aplikasi yang menyebabkan lonjakan pemakaian data ini antara lain yakni WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Mobile Legend.

" Kami selalu berupaya memastikan jaringan 3 Indonesia tetap andal untuk digunakan selama periode bekerja dari rumah diterapkan," imbuh Danny.

Disisi lain SVP-Head of Corporate Communications, Turina Farouk mengatakan bahwa pihaknya juga melihat adanya kenaikan trafik data sejak anjuran Pemerintah RI untuk bekerja dan belajar di rumah kemarin.

" Kami memastikan pelanggan tetap bisa menikmati layanan telekomunikasi terbaik dari Indosat Ooredoo dengan kapasitas jaringan dan paket yang telah disiapkan untuk menunjang program work from home," imbuh dia.

Lebih lanjut, Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan adanya kenaikan trafik data naik sekitar 15% di peak hour selama jam 10.00 WIB hingga 12.00 WIB pada 17 Maret 2020. Untuk terus mengantisipasi lonjakan data Ayu menambahkan bahwa pihaknya akan mematikan jaringan aman.

"Monitoring terhadap performa dan kualitas jaringan tentu terus menerus dilakukan XL Axiata selama 24 jam untuk mengantisipasi potensi lonjakan trafik sehingga kenyamanan pelanggan tetap terjaga," imbuh dia.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini