Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Manfaatkan Sinar UV untuk Basmi Virus Corona

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 14:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 18 56 2185276 china-manfaatkan-sinar-uv-untuk-basmi-virus-corona-wu62upGWtR.jpg Ilustrasi Virus Korona (Foto: Ist)

JAKARTA- Virus corona (COVID-19) bisa hidup di permukaan benda mati berbahan logam dan plastik. Hal tersebut membuat penyebaran virus semakin meningkat. Virus bisa saja menempel difasilitas umum dan ponsel kita.

Sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran COVID-19, China mengerahkan berbagai teknologi mutakhir. Kali ini adalah pemanfaatan sinar UV untuk membasmi kuman dan virus corona.

Pembersihan dengan sinar UV dilakukan pada bus. Sebelumnya, disinfeksi pembersihan bus menggunakan proses penyemprotan yang membutuhkan minimal dua orang.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (18/3/2020), dengan penggunaan sinar UV, perusahaan transportasi di Shanghai, China, berhasil mendisinfeksi 250 bus dalam sehari. Awalnya proses disinfeksi memerlukan waktu 30-40 menit. Namun, setelah diteliti lebih lanjut, dapat dilakukan hanya dalam waktu 5 menit setiap bus.

Menurut Qin Jin, Vice Manager Yanggao, sebuah perusahaan transportasi umum di China, mengatakan, pembersihan dengan sinar UV 99,9% mampu membunuh virus. Cara ini juga sangat efektif dalam penggunaannya.

"Dengan 1.000 armada bus, metode ini jelas lebih efisien karena tidak membutuhkan banyak pegawai untuk menjalankannya," kata Qin Jin.

Pembersihan dengan sinar UV juga dilakukan pads lift, rumah sakit, dan uang di bank. Namun, badan kesehatan dunia (WHO) mengingatkan, sinar UV tidak boleh digunakan pada manusia, karena radiasinya dapat menimbulkan iritasi pada kulit bahkan hingga kanker.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini