Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terhindari dari Kejahatan Siber, Ini yang Harus Dilakukan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 16:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 18 92 2185365 terhindari-dari-kejahatan-siber-ini-yang-harus-dilakukan-58L2ntWHD1.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Kejahatan siber sekarang ini semakin menyebar luas. Bahkan korbanya dari berbagai kalangan pengguna PC komputer yakni karyawan, perusahaan, industri keuangan atau perbankan. Peretas dapat mengambil data perusahaan dan pribadi untuk mendapatkan keuntungan. Lalu untuk menghindari kejahatan siber, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan dari Kaspersky Lab di antaranya:

- Pengguna disarankan untuk selalu menggunakan versi terbaru dari software, menginstal solusi keamanan internet, memback-up data-data pribadi file mereka, seperti disimpan di cloud, atau portabel flashdisk, hard disk, dan sebagainya.

- Rutin dan giat secara berkala Anda harus memperbarui sistem operasi, website browser, atau antivirus secara teratur. Pasalnya, para pelaku kejahatan siber cenderung memanfaatkan kerentanan pada software untuk mengganggu sistem.

- Berhati-hatilah saat membuka e-mail dari pengirim yang tidak dikenal, melampirkan link yang mencurigakan atau tidak terduga. Jika merasa ragu jangan dibuka, sebab untuk memancing pengguna untuk membuka pesan elektronik tersebut metode ini biasa disebut phishing.

- Situs malware yang bisa saja dikirimkan oleh teman di media sosial atau lawan main di online game yang akunnya terinfeksi dan pakai sistem keamanan kuat dan andal untuk melindungi sistem Anda dari ransomware. Terlebih untuk kalangan pebisnis, perusahaan, sebab mereka menyimpan data konsumen.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini