Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Meneliti Fosil Wonder Chicken Berusia 66 Juta Tahun

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 19:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 19 56 2186074 ilmuwan-meneliti-fosil-wonder-chicken-berusia-66-juta-tahun-zNiwkeDMFj.jpg (Foto: Voaindonesia/Reuters)

JAKARTA - Ilmuwan AS dan Inggris melakukan penelitian terhadap fosil yang berumur 66 juta tahun. Mereka menamakan fosil ini dengan sebutan Wonder Chicken.

Dikutip Voaindonesia, fosil itu disebut oleh para ilmuwan, nenek moyang burung modern yang paling awal diketahui. Para ilmuwan menulis tentang temuan mereka di jurnal Nature.

Fosil itu ditemukan di Belgia. Para periset awalnya meyakini hanya tulang kaki biasa yang mencuat dari batu yang pecah sampai ketika pemindaian menunjukkan tengkorak yang dalam kondisi awet muncul di layar komputer.

"Tengkorak ini adalah salah satu fosil tengkorak burung yang paling awet dari setiap zaman, jadi fakta bahwa fosil berasal dari masa penting dalam sejarah Bumi adalah luar biasa," kata Daniel Field, ahli paleontologi Universitas Cambridge.

Tim itu yakin burung itu seukuran bebek kecil tetapi dengan kaki panjang dan sangat mirip dengan jenis burung modern seperti ayam, kalkun, burung puyuh, dan burung. Mereka yakin burung itu hidup di sepanjang pantai dan mungkin bisa terbang.

Ahli biologi mengatakan burung yang ada sekarang hasil evolusi dari dinosaurus berbulu kecil sekitar 150 juta tahun yang lalu. Namun spesies itu mulai berevolusi menjadi burung yang kita kenal sekarang ketika asteroid yang menyebabkan kepunahan massal berdampak pada Bumi.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini