Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Ungkap Tips Video Call saat Work From Home

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 15:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 19 92 2185877 google-ungkap-tips-video-call-saat-work-from-home-Xdb36vkn5C.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Angka kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia terus meningkat. Saat ini angkanya mencapai 227 kasus positif, 11 sembuh, dan 19 meninggal dunia. Pemerintah pun telah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak sosial.

Dengan berkembangnya teknologi, bekerja dari rumah pun terasa mudah salah satunya dengan video call. Kali ini Google memberikan beberapa tips untuk bekerja dengan menggunakan aplikasi Hangouts Meet.

1. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Saat Anda ingin membicarakan masalah yang rumit atau mengeksplorasi ide, video call lebih efisien daripada chat atau email. Perhatikan lingkungan sekitar Anda ketika akan memulai video call. Beberapa di antaranya yakni pilih tembok polos, dan hindari jendela yang akan memberikan cahaya belakang yang terlalu banyak.

Ketika Anda menggunakan laptop, taruhlah di tempat yang stabil. Hindari melakukan video call dengan laptop yang dipangku. Goyangan-goyangan kecil selama panggilan dapat mengganggu fokus dari penerima panggilan.

2. Panggilan Grup

Anda bisa dengan mudah membuat video call dan mengundang orang-orang di dalam atau di luar organisasi Anda untuk bergabung. Hangouts Meet otomatis menghasilkan kode agar orang dapat melakukan panggilan melalui komputer, ponsel atau dari mana saja.

3. Saat Suara Jelek, Aktifkan Teks

Jika Anda sedang di tempat ramai tanpa headphone yang cukup bagus, Anda dapat menggunakan fitur teks otomatis Meet untuk menampilkan teks secara real-time (seperti subtitel di TV). Cukup dengan melihat di bagian bawah jendela Meet, aktifkan teks atau Menonaktifkan teks.

 

4. Menampilkan Presentasi

Pernahkah Anda membagikan layar dan tiba-tiba semua orang dalam video call bisa membaca email Anda? Untuk menyajikan presentasi, lihat di pojok kanan bawah Anda, pilih “Presentasikan sekarang”. Anda memiliki pilihan untuk hanya menampilkan bagian yang ingin Anda tampilkan, presentasikan satu jendela (dan bukan seluruh layar).

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini