Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Doodle Tampilkan Animasi Cuci Tangan Ignaz Semmelweis

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 06:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 20 207 2186192 google-doodle-tampilkan-animasi-cuci-tangan-ignaz-semmelweis-KTdsC1Ojzi.jpg (Foto: Thesun/Google)

JAKARTA - Virus corona mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Tercatat, ratusan ribu orang terinfeksi dan mengakibatkan meninggalnya ribuan orang di dunia.

Kini, digalakkan pentingnya cuci tangan sebagai salah satu upaya pencegahan virus. Google Doodle pada hari ini menampilkan Dr Ignaz Semmelweis, yang dikenal pertama kali menemukan manfaat medis dari mencuci tangan.

Dikutip Independent, pada 20 Maret 1847, Dr Ignaz Semmelweis mendemonstrasikan pentingnya tangan yang bersih. Ia ditunjuk sebagai kepala residen di klinik bersalin di Rumah Sakit Umum Wina dan mulai mengharuskan semua dokter untuk mendisinfeksi tangan mereka dengan larutan kapur diklorinasi.

Sebelum pengangkatannya, ibu-ibu baru sekarat pada tingkat tinggi dari infeksi yang disebut pada saat itu sebagai "demam nifas" di rumah sakit.

Setelah meluncurkan penyelidikan, Semmelweis menyimpulkan bahwa penyebabnya adalah dokter membawa penyakit menular di tangan mereka dari kamar operasi ke ibu baru.

Sebagai hasil dari inisiatif disinfeksi tangannya, “angka kematian di divisi pertama turun dari 18,27 menjadi 1,27 persen, dan pada Maret dan Agustus 1848 tidak ada wanita yang meninggal saat melahirkan di divisinya” menurut Encyclopaedia Britannica.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini