Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kominfo dan WhatsApp Rilis Chatbot Terkait COVID-19

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 13:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 20 207 2186377 kominfo-dan-whatsapp-rilis-chatbot-terkait-covid-19-tpW2SrYSyn.jpg (Foto: WhatsApp)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah merilis hotline atau chatbot terkait virus corona (COVID-19) di Whatsapp. Chatbot tersebut nantinya akan menjawab beberapa pertanyaan umum seputar COVID-19.

Masyarakat bisa bertanya terkait apa itu COVID-19, cara melindungi diri, Rumah Sakit rujukan untuk pasien COVID-19, gelaja penyakit, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya chatbot ini, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate berharap masyarakat dapat memperoleh informasi secara interaktif di mana informasi bersumber langsung dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Johnny menambahkan bahwa WhatsApp juga akan menyiapkan WhatsApp blast terkait COVID-19 khusus untuk Indonesia dan Singapura.

"Facebook selaku pemilik WhatsApp juga berkomitmen untuk memberikan kebijakan khusus Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait COVID-19. Kominfo menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima blast pada akun WhatsApp," imbuh Johnny di Jakarta.

Chief Operating Officer WhatsApp, Matt Idema, mengungkapkan dalam kondisi penuh kewaspadaan seperti saat ini, banyak orang yang mengandalkan WhatsApp untuk tetap terhubung dan memberikan dukungan kepada teman, keluarga, dan orang-orang sekitar mereka.

"Kami senang dapat menyediakan alat komunikasi kepada Kominfo untuk membantu mereka merespon pertanyaan seputar COVID-19 secara terpercaya, dengan rekomendasi kesehatan yang dapat diandalkan dan akurat, agar masyarakat tetap terlindungi," kata Idema.

Untuk diketahui, chatbot COVID-19 didesain dalam WhatsApp Business API, bekerjasama dengan DAMCorp, yang membantu organisasi dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan mereka.

Untuk mencoba chatbot COVID-19 langsung, berikut nomor layanan chatbot WhatsApp 081133399000 atau pergi ke link berikut ini (https://wa.me/6281133399000).

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini