Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Ignaz Semmelweis yang Hiasi Google Doodle Hari Ini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 15:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 20 207 2186465 mengenal-ignaz-semmelweis-yang-hiasi-google-doodle-hari-ini-fYipXhmEqG.jpg (Foto: Google)

JAKARTA - Di tengah pandemi global COVID-19, kampanye mencuci tangan terus diserukan untuk mengurangi penyebaran virus. Namun tahukah Anda ternyata manfaat medis dari mencuci tangan telah ditemukan sejak lebih dari 1 abad yang lalu.

Dr. Ignaz Semmelweis merupakan dokter asal Hongaria yang dikenal menemukan manfaat medis dari mencuci tangan. Atas jasanya tersebut, Google menciptakan animasi Doodle dengan menampilkan Ignaz Semmelweis pada hari ini (20/3/2020).

Mengutip laman Google Doodle, pada hari ini pada tahun 1847, Semmelweis diangkat sebagai Kepala Residen di klinik bersalin Rumah Sakit Umum Wina, di mana ia menyimpulkan dan menunjukkan bahwa mengharuskan dokter untuk mendisinfeksi tangan mereka secara luas mampu mengurangi penularan penyakit.

Pada awalnya, saat ia mulai masa jabatannya di Rumah Sakit Umum Wina pada pertengahan abad ke-19, terjadi infeksi misterius yang dikenal dengan 'demam anak'.

Bahkan infeksi menyebabkan tingkat kematian yang tinggi pada ibu yang baru melahirkan di seluruh Eropa. Semmelweis akhirnya menemukan penyebabnya setelah melakukan penyelidikan.

Ia menyimpulkan bahwa para dokter telah mengirimkan materi infeksius saat operasi dan autopsi melalui tangan mereka. Ia pun membuat persyaratan bahwa semua staf medis mencuci tangan di sela-sela pemeriksaan pasien, dan sebagai hasilnya, tingkat infeksi di bagiannya mulai menurun.

Sayangnya, ide Semmelweis tersebut sempat tidak diterima dan dipandang sebelah mata. Hingga beberapa dekade kemudian, rekomendasi mencuci tangan tersebut divalidasi.

Saat ini, Semmelweis secara luas diingat sebagai "bapak pengendalian infeksi," yang dipercaya merevolusi bukan hanya di bidang kebidanan, tetapi bidang medis itu sendiri, memberi tahu generasi di luar kemampuannya sendiri bahwa mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini