Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UI Kembangkan Peta Online Penyebaran Virus Corona

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 19:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 20 207 2186634 ui-kembangkan-peta-online-penyebaran-virus-corona-WGva2c2nsS.jpg (Foto: Screenshot)

JAKARTA - Tim Ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan sebuah Portal WebGIS (peta dalam jaringan). Melalui akun Instagram 'univ_indonesia', peta ini diciptakan guna pemerintah memetakan sebaran virus COVID-19.

Portal WebGIS ini memetakan penduduk yang terinfeksi COVID-19, menunjukkan persebaran lokasi pasien yang positif terinfeksi COVID-19. Selain itu, peta juga membantu pemerintah dalam memetakan daerah yang rawan kasus infeksi baru.

Portal WebGIS dapat diakses mudah melalui komputer atau smartphone.

“Penyebaran COVID-19 telah menjadi perhatian dunia, untuk itu, kami berupaya mengerahkan tim Ahli dan Peneliti UI untuk bersama-sama mengembangkan sebuah peta persebaran COVID-19 secara akurat," kata Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris.

Portal analisis spasial (keruangan) ini awalnya dikembangkan oleh Ardiansyah, peneliti UI dari Departemen Geografi, FMIPA, kemudian dilengkapi bersama-sama oleh tim peneliti dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di bawah koordinasi Direktorat Inovasi dan Science Techno Park UI.

Portal ini memuat informasi persebaran lokasi pasien yang positif terinfeksi virus COVID-19, Orang dalam pengawasan (ODP), dan Pasien dalam pengawasan (PDP).

Peta sebaran tersebut dapat diakses melalui laman https://qgiscloud.com/ardiansyah18/CORONA_INA_19032020/.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini