Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astronot Apollo 15 'Al Worden' Meninggal Dunia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 14:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 20 56 2186441 astronot-apollo-15-al-worden-meninggal-dunia-Nf06uD1AWK.jpg (Foto: Florida Today)

JAKARTA - Mantan Astronot dan Insinyur Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Al Worden meninggal dunia di usia 88 tahun pada 18 Maret 2020. Worden sebelumnya menjabat sebagai pilot modul perintah pada Apollo 15, misi bulan pertama.

Dilansir dari laman Forbes, Jumat (20/3/2020) Worden telah memetakan seperempat permukaan bulan, mengukur komposisi batuan bulan dari luar angkasa, memilih lokasi pendaratan untuk misi Apollo terakhir, dan meluncurkan satelit miniatur ke orbit bulan untuk mempelajari gravitasi dan medan magnet Bulan.

Worden mengatakan dalam wawancaranya bahwa dunia penerbangan bukan hal pertama yang menjadi tujuan hidupnya. Sebaliknya, dua hal yang paling utama dalam pikirannya dikala muda yakni mengelola pertanian keluarganya atau menemukan karier yang akan membawanya ke tempat lain.

"Ketika saya tumbuh dewasa, penerbangan bukanlah hal yang paling utama dalam pikiran saya," kata Worden dalam wawancara sejarah lisan NASA pada tahun 2000.

Akademi Militer AS di West Point adalah tiketnya menuju dunia penerbangan. Awalnya, Worden bertekad untuk menjadi perwira Angkatan Darat dan memimpin pasukan ke medan perang.

Menjelang tahun seniornya di West Point, dia masih belum berpikir untuk terbang. Akan tetapi dua instruktur di tahun seniornya meyakinkan Worden untuk mengambil komisinya di Angkatan Udara AS bukan Angkatan Darat.

"Bukan karena saya ingin terbang, tetapi karena saya pikir promosi akan lebih cepat di sana," kata Worden.

Worden ternyata pandai terbang, meskipun awalnya ia kurang berminat. Ia menjadi pilot pesawat tempur, dan kemudian menjadi instruktur pilot uji.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini