Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Aplikasi Video Call Bantu Komunikasi saat Work From Home

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 22 Maret 2020 18:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 22 207 2187244 6-aplikasi-video-call-bantu-komunikasi-saat-work-from-home-0Qr60t9Uqf.jpg (Foto: Google)

JAKARTA - Dalam situasi wabah virus corona, sebagian perusahaan tampaknya mulai memberlakukan kerja dari rumah atau work from home. Dengan bekerja dari rumah dan komunikasi tetap harus berjalan, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi.

Bila pesan teks dirasa kurang efektif, maka video call mungkin bisa menjadi solusi untuk bisa berkomunikasi secara audio dan visual. Berikut ini beberapa aplikasi yang mendukung layanan video call, dikutip dari Dailyhive.

Skype

Skype menawarkan teks, voice, video call yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini bisa diunduh gratis, mendukung berbagai platform seperti Windows, Mac, iOS, Android dan Linux.

Aplikasi ini bisa mendukung video dan voice chat hingga 50 orang dalam satu waktu. Aplikasi juga bisa diunduh ke tablet, Xbox dan device Alexa.

 

Google Duo

Google Duo bisa dimanfaatkan untuk layanan voice dan video call. Diciptakan oleh Google, layanan ini bisa diunduh gratis untuk pengguna Android dan iOS.

Aplikasi ini mendukung video dan voice chat hingga delapan orang dalam satu waktu. Aplikasi tersebut bisa diunduh ke tablet, dan perangkat Google Nest Hub Max.

 

Facebook Messenger

Facebook Messenger bukan aplikasi yang asing bagi pengguna jejaring sosial Facebook. Facebook Messenger mendukung teks, voice dan video call. Aplikasi ini gratis namun Anda harus punya akun Facebook.

Aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android dan iOS itu mendukung voice chat hingga 50 orang secara bersamaan, video hanya menampilkan hingga 6 orang dalam satu waktu. Aplikasi ini menampilkan stiker, GIF dan filter untuk video call pada beberapa platform.

WhatsApp

WhatsApp menjadi aplikasi terpopuler yang digunakan pemilik perangkat mobile. Aplikasi yang bisa diunduh gratis ini mendukung teks, voice dan video call.

Whatsapp bisa dipakai di platform Andoid dan iOS. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi browser yang tersedia untuk pengguna Windows dan Mac.

WhatsApp mendukung video chat hingga empat orang dalam satu waktu, mendukung pesan voice, gambar, teks yang bisa dibagikan hingga 256 orang.

Zoom

Zoom mendukung layanan teks, voice, dan video call. Aplikasi ini gratis, tetapi memiliki keterbatasan. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengunduhnya via browser setelah melakukan signing up.

Zoom memungkinkan video chat hingga 100 orang dalam waktu bersamaan, tetapi ada keterbatasan waktu 40 menit untuk versi gratis.

Bila ingin lebih dari durasi 40 menit, developer menyediakan versi berbayar USD20 per bulan untuk durasi hingga 24 jam.

Layanan ini mendukung fitur berbagi layar, integrasi aplikasi dengan Google Calendar, Slack, Evernote, Twitter, dan Youtube.

Discord

Discord mendukung layanan teks, voice dan video call. Aplikasi yang bisa diunduh gratis itu tersedia untuk platform Mac, Windows, iOS, Android dan Linux.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan video chat hingga 10 orang dalam satu waktu, voice chat hingga 500. Aplikasi ini menyediakan fitur switch antara grup dan saluran private secara mudah, screen-sharing yang bisa diaktifkan untuk grup movie nights atau games.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini