Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Facebook hingga Netflix Kurangi Kualitas Streaming Video, Ini Alasannya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 13:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 23 207 2187636 facebook-hingga-netflix-kurangi-kualitas-streaming-video-ini-alasannya-lSXu78gGZl.jpg Ilustrasi Facebook (Foto: Hindustan Times)

JAKARTA - Akhir-akhir ini, sejumlah perusahaan teknologi termasuk YouTube dan Netflix telah menurunkan kualitas streaming video mereka di Eropa. Hal tersebut dalam rangka untuk mengantisipasi kemacetan pada jaringan broadband.

Seperti diketahui, social distancing atau menjaga jarak sosial telah diterapkan di Eropa dan beberapa kawasan lain untuk mengurangi angka kasus virus corona (COVID-19). Hal tersebut membuat beberapa perusahaan harus menerapkan sistem bekerja dari rumah.

"Untuk membantu mengurangi potensi kemacetan jaringan, kami akan sementara mengurangi laju bit untuk video di Facebook dan Instagram di Eropa," kata pihak Facebook, seperti dilansir dari laman Hindustan Times, Senin (23/3/2020).

Pihak Facebook melanjutkan, langkah tersebut akan terus diterapkan selama adanya kekhawatiran akan kemacetan internet pasca social distancing di tengah pandemi.

Sementara itu operator telekomunikasi Eropa mengatakan jaringan mereka telah mampu mengatasi kenaikan lalu lintas data sejauh ini, namun masih ada kekhawatiran akan kemacetan karena semakin banyak orang yang bekerja di rumah.

Selain Facebook dan Netflix, YouTube, Amazon Prime, Apple TV + dan disney juga telah memutuskan untuk mengurangi kualitas streaming mereka di Eropa. Sementara Amazon mengurangi kecepatan bitrate di Eropa, kualitas streaming Apple TV + juga telah diturunkan, yang menghasilkan aliran resolusi yang lebih rendah dan konten yang sangat terkompresi di wilayah tersebut.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini