Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkominfo Ungkap Temuan 305 Hoaks Terkait Virus Corona

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 16:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 23 207 2187815 menkominfo-ungkap-temuan-305-hoaks-terkait-virus-corona-XhMmtlrqOC.jpeg Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate (Foto: Kominfo)

JAKARTA - Hoaks terkait virus corona (COVID-19) di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengungkapkan hingga saat ini ditemukan 305 hoaks.

"Hingga hari ini, 23 Maret 2020 terdapat 305 isu hoaks," kata Johnny dalam konferensi pers di Jakarta.

Beberapa hoaks terbaru di antarnya warga Jalan Panda, Sukoharjo yang meninggal karena virus corona, Malaysia dan Singapura menyemprotkan cairan beracun dari udara untuk menghancurkan virus corona, dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan 800 harimau dan singa agar warganya tinggal di rumah.

Johnny mengungkapkan beberapa langkah untuk mengatasi hoaks, langkah pertama yakni meminta kepada platform digital untuk melakukan proses tak down atau blokir terhadap akun yang menyebarkan hoaks.

"Kami juga bekerjasama dengan kepolisian untuk melakukan penegakan hukum. Kepolisian juga telah mengambil langkah untuk mulai melaksanakan penegakan hukum dan terdapat 28 kasus yang dalam proses," kata Johnny.

Terakhir ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan platform digital dengan baik. Johnny juga mengingatkan kepada para penyebar hoaks bahwa yang dilakukannya merugikan diri sendiri, keluarga, dan bangsa negara.

"Penyebaran hoaks tidak membantu mengatasi penyebaran COVID-19. Namun, menambah masalah baru," kata dia.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini