Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jual Masker dengan Harga Tak Wajar, Ini Langkah E-Commerce

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 17:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 23 207 2187845 jual-masker-dengan-harga-tak-wajar-ini-langkah-e-commerce-5JogZNyMWw.jpg Ilustrasi (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Di tengah pandemi global virus corona (COVID-19), beberapa penjual online telah memanfaatkan situasi untuk menaikan harga alat kesehatan seperti masker dengan harga yang tidak wajar. Hal tersebut pastinya cukup menyulitkan bagi sebagian masyarakat.

Pihak toko online (e-commerce) pun turut menyoroti hal tersebut. Menurut Co-founder and Vice-Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison pihaknya secara proaktif telah memperhatikan situasi tersebut sejak 2 hingga 3 bulan lalu. Pihaknya pun telah memblokir puluhan ribu akun dan menyempurnakan sistem automation untuk memblokir otomatis akun yang menaikan harga tak wajar.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pengguna juga dapat turut andil dalam melaporkan akun. "Ada juga fitur melaporkan. Kami selalu mereview semua yang masuk," kata dia.

Tidak hanya itu, CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin juga mengatakan bahwa pihaknya akan menindak tegas para pelapak yang telah mengambil keuntungan dari pandemi COVID-19.

"Kami akan memantau situasi ini dan akan melanjutkan tindakan tegas tersebut jika diperlukan," kata Rachmat.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate juga mengimbau kepada seluruh e-commerce untuk memastikan bahwa harga-harga di toko online tetap dalam jangkauan masyarakat dan tidak akan membiarkan kenaikan harga di luar kendali.

"Apabila ada akun yang mempermainkan harga maka tidak segan-segan akan diblokir. Khusus produk kesehatan yang dibutuhkan dan obat-obatan kami ingatkan jangan ada merchant yang menaikan harga," kata Johnny.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini