Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkominfo Imbau Operator Siapkan Bandwidth Jaga Layanan Jaringan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 17:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 23 54 2187821 menkominfo-imbau-operator-siapkan-bandwidth-jaga-layanan-jaringan-hMwvN5iSFC.jpeg Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate (Foto: Kominfo)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengimbau kepada seluruh operator telekomunikasi untuk memastikan bandwith yang cukup agar layanan jaringan terjaga.

Seperti diketahui, pasca kebijakan social distancing yang diterapkan pemerintah, beberapa perusahaan menerapkan sistem bekerja dari rumah. Begitupun kegiatan belajar mengajar juga dilakukan secara online. Hal tersebut berdampak pada lonjakan internet.

"Secara khusus juga ingin kami sampaikan bahwa kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler, internet service provider untuk menjaga kapasitas layanan dengan menyediakan bandwidth yang cukup dan menjaga kualitas layanan atau Quality of Services," kata Johnny dalam Konferensi Pers Online di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Menteri Kominfo juga mengapresiasi seluruh operator telekomunikasi dan Penyedia Akses Internet (ISP) yang telah memberikan kontribusi sangat besar dalam menyediakan akses gratis untuk mendukung penanganan COVID-19 secara interaktif. Beberapa layanan gratis di antaranya panggilan call center 119, 117 dan 112.

"(Serta) WhatsApp Blast dan SMS Blast operasional dari Chatbot WhatsApp Covid19.go.id Powered by Kominfo," ujarnya.

Untuk operator telekomunikasi dan penyedia layanan akses internet, Menteri Kominfo mengharapkan bisa memperluas jangkauan layanan.

"Fasilitas paket data dan layanan gratis kepada mahasiswa pada banyak perguruan tinggi dengan harapan dapat diperluas untuk melayani para siswa lainnya di sekolah-sekolah menengah," jelasnya.

Menteri Johnny juga meminta agar fasilitas layanan internet yang memudahkan distance learning dapat diberikan dalam bentuk paket-paket gratis yang lebih luas.

"Tidak saja ke banyak perguruan tinggi akan tetapi juga kepada sekolah menengah yang juga membutuhkan sekali dalam rangka belajar dari rumah," ungkapnya.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini