Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Robot Dikerahkan Bantu Tenaga Medis Hadapi Pasien Corona

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 14:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 23 56 2187700 robot-dikerahkan-bantu-tenaga-medis-hadapi-pasien-corona-j7goHqXt6m.jpg (Foto: VentureBeat)

JAKARTA - Peneliti di salah satu universitas di China merancang sebuah robot yang bisa bertugas membantu pekerja medis saat menghadapi pasien virus corona.

Mesin ini terdiri dari lengan robot, melakukan usapan mulut (swab) dan mendengarkan suara yang dibuat oleh organ pasien, yang biasanya dilakukan dengan stetoskop.

Dikutip Reuters, tugas-tugas seperti itu biasanya dilakukan oleh dokter secara langsung. Namun, dengan robot ini yang dilengkapi dengan kamera, tenaga medis tidak perlu berada di ruangan yang sama dengan pasien, dan bahkan bisa berada di kota yang berbeda.

"Dokter semuanya sangat berani. Tapi virus ini terlalu menular. Kita bisa menggunakan robot untuk melakukan tugas yang paling berbahaya," kata Profesor Universitas Tsinghua, Zheng Gangtie, kepala perancang robot.

Gagasan itu datang ke Zheng sekitar pergantian Tahun Baru Imlek. Wuhan baru saja dikunci dan jumlah kasus dan kematian meningkat dengan cepat setiap hari.

Sebagai seorang insinyur, Zheng ingin melakukan sesuatu untuk berkontribusi pada upaya bantuan. Pada hari pertama Tahun Baru Imlek, ia mendengar dari temannya, Dong Jiahong, presiden eksekutif di Rumah Sakit Tsinghua Changgung Beijing, bahwa masalah terbesar adalah pekerja garis depan yang terinfeksi.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini