Cegah COVID-19 Cukup Bersihkan Ponsel Anda dengan Air dan Sabun

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 92 2187641 cegah-covid-19-cukup-bersihkan-ponsel-anda-dengan-air-dan-sabun-S3q76e7QIu.jpg Ilustrasi (Foto: Mazuma)

JAKARTA - Virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 kabarnya dapat menempel di berbagai macam permukaan benda, termasuk ponsel. Untuk itu, pengguna harus waspada dan selalu menjaga kebersihan ponsel setelah digunakan.

Menurut ahli mikrobiologi dari University College London, air dan sabun bisa membersihkan ponsel secara efektif. Beberapa saran menyebutkan bahwa Anda bisa menggunakan disinfektan atau alkohol yang ramah.

Namun beberapa zat bisa merusak ponsel Anda. Selain itu, cairan disinfektan dan alkohol menjadi langka belakangan ini. Berikut beberapa langkah membersihkan ponsel Anda dengan air dan sabun, seperti dilansir dari laman BBC, Senin (23/3/2020).

1. Nonaktifkan ponsel dan cabut kabel yang masih tersambung. Setelah itu, lepas case ponsel Anda.

2. Siapkan sabun cuci tangan (atau sabun rumah tangga lainnya) dan kain microfiber. Jangan lupa ketika Anda akan membersihkan ponsel Anda, cuci tangan menggunakan sabun dan air terlebih dahulu.

3. Basahi kain microfiber dengan sabun dan air, lalu usapkan secara lembut ke ponsel Anda, jangan sampai terkena lubang pada ponsel.

4. Terakhir keringkan dengan kain microfiber yang bersih atau kain yang lembut.

5. Jangan lupa juga untuk mencuci casing ponsel Anda, sebelum dipasang kembali. 

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini