Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astronom China Temukan Emisi Sinar Gamma

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 22:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 24 56 2188549 astronom-china-temukan-emisi-sinar-gamma-PNNqCnhyvk.jpg Ilustrasi (Foto: Gizmag)

JAKARTA - Para astronom dari Universitas Nanjing di China telah mendeteksi emisi sinar gamma dari dua galaksi pembentuk bintang yang ditunjuk M33 dan Arp 299. Temuan ini telah dirinci dalam makalah yang diterbitkan 17 Maret di arXiv.org.

Dilansir dari laman Phys, Selasa (24/3/2020) penemuan tersebut dapat membantu dalam meningkatkan pengetahuan tentang asal usul emisi energi sangat tinggi di galaksi. Dipercaya bahwa sinar gamma pada galaksi adalah hasil interaksi sinar kosmik dengan gas antarbintang.

Galaksi pembentuk bintang adalah reservoir besar dari sinar kosmik dan karena itu bisa sangat penting untuk studi emisi gamma ekstragalactic.

Namun, daftar galaksi pembentuk bintang yang diketahui terdeteksi dalam sinar gamma masih relatif pendek, karenanya penemuan baru dan mempelajarinya secara rinci adalah sangat penting bagi para astronom.

Sekarang, tim astronom yang dipimpin oleh Shao-Qiang Xi melaporkan adanya deteksi dua galaksi pembentuk bintang dalam sinar gamma.

Penemuan ini dibuat sebagai bagian dari pencarian sistematis untuk kemungkinan emisi sinar gamma dari galaksi di IRAS Revisi Galaksi Sampel Galaksi, menggunakan data dari pesawat ruang angkasa Fermi NASA.

"Kami memilih galaksi sampel kami dari IRAS Revisi Galaksi Sampel Galaksi, tidak termasuk 15 galaksi IR-terang yang telah terdeteksi dalam sinar gamma dengan Fermi-LAT dan terdaftar dalam Fermi-LAT Katalog Sumber Keempat. Kami melakukan urutan standar dari langkah-langkah analisis. Untuk setiap galaksi, menghasilkan deteksi dua sumber sinar gamma baru yang, masing-masing, secara spasial bertepatan dengan M33 dan Arp 299," kata para astronom.

M33, atau Messier 33 (juga dikenal sebagai Galaksi Triangulum) adalah galaksi terbesar ketiga di Grup Lokal. Itu terletak sekitar 2,73 juta tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Triangulum.

Terletak sekitar 130 juta tahun cahaya di konstelasi Ursa Major, Arp 299 adalah salah satu galaksi pembentuk bintang paling kuat di alam semesta lokal. Ini adalah sepasang galaksi yang bertabrakan dalam keadaan penggabungan maju, NGC 3690 di barat dan IC 694 di timur, ditambah galaksi kecil yang kompak di barat laut.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini