Qualcomm dan Google Kerjakan Driver GPU untuk Ponsel

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 24 57 2188155 qualcomm-dan-google-kerjakan-driver-gpu-untuk-ponsel-3qxVrYX2Cm.jpg (Foto: Wccftech)

JAKARTA - Pada tahun lalu, Qualcomm mengumumkan bahwa pihaknya mengusung kemampuan update driver GPU pada chipset mereka melalui Google Play Store. Driver GPU yang dapat di-update bisa meningkatkan performa dan efisiensi, dikutip Neowin.

Qualcomm pada hari ini mengumumkan bahwa mereka bekerja dengan Google untuk menciptakan tool Android GPU Inspector. Ini memungkinkan studio game meningkatkan dan mengoptimalkan game mereka.

Ini adalah alat profil grafis yang mendukung GPU di perangkat Android, termasuk GPU Adreno milik Qualcomm. Ini akan memungkinkan pengembang game untuk menganalisis kinerja game mereka "pada tingkat detail yang tidak dapat dicapai sebelumnya", sehingga memungkinkan mereka lebih mengoptimalkan kinerja permainan.

Tool tersebut juga memungkinkan developer game untuk menyediakan optimization feedback untuk Google dan Qualcomm. Setelah diverifikasi dan disahkan, Qualcomm dan Google dapat membuat driver ini tersedia sebagai pembaruan di Play Store untuk semua konsumen dengan perangkat yang kompatibel.

Kabarnya, driver GPU yang bisa di-update ini baru mendukung beberapa ponsel seperti Pixel 4 series, Samsung Galaxy S10, dan Note10.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini