Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Layanan Streaming Turunkan Kualitas Video saat COVID-19

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2020 15:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 25 207 2188855 alasan-layanan-streaming-turunkan-kualitas-video-saat-covid-19-KIOkfkJWoH.jpg (Foto: Digital Trends)

JAKARTA - Miliaran orang di dunia kini melakukan isolasi diri sendiri di rumah atau mungkin bekerja dari rumah karena wabah virus corona atau COVID-19. Ketika banyak orang berada dalam rumah mereka, salah satu hal yang bisa dilakukan ialah mengakses internet atau layanan video streaming.

Beberapa perusahaan penyedia layanan streaming menurunkan kualitas video mereka untuk meredam ketegangan, dikutip Newatlas. Dengan kata lain, penurunan kualitas layanan streaming diperlukan guna menjaga fungsi internet.

Ini mempertimbangkan gelombang besar konferensi video yang membanjiri jaringan ketika sejumlah besar orang beralih bekerja dari rumah. Langkah-langkah seperti ini merupakan kontribusi penting untuk menjaga semuanya berjalan semulus mungkin.

Beberapa perusahaan seperti YouTube sejak beberapa hari lalu menetapkan video default pada "standard definition" or 480p. Program ini dimulai di Eropa dan kini mulai diluncurkan secara global.

Selain YouTube, perusahaan lain juga menanggapi hal ini dengan mengurangi bandwidth streaming. Perusahaan ini seperti Disney+, sementara Amazon Prime, Facebook, Instagram dan AppleTV mengurangi penggunaan bandwidth dengan mengurangi kualitas streaming.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini