Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Malware, Jangan Klik Sembarangan Situs Virus Corona

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 09:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 26 207 2189109 hindari-malware-jangan-klik-sembarangan-situs-virus-corona-QNT4LpsAYy.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Selain menyerang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), peretas juga memanfaatkan situasi pandemi virus corona (COVID-19) untuk mengelabui korban. Mereka melakukan praktik kejahatan melalui metode phising dengan mengirimkan situs mengandung malware lewat email target. Bahkan jumlahnya mencapai ribuan hingga saat ini.

Perusahaan Keamanan Siber, Check Point menemukan lebih dari 4.000 situs yang menggunakan kunci virus corona dan covid pada awal 2020. Lebih dari 3 persen situs tersebut mengandung malware dan 5 persen lainnya mencurigakan.

Salah satu kunci agar terhindar dari malware tersebut yakni, jangan meng-klik situs dengan kata kunci virus corona atau covid yang mencurigakan. Apalagi melalui email Anda dengan mengatasnamakan otoritas kesehatan atau WHO. Beberapa peretas juga mengelabui korban dengan mengirimkan informasi terkait virus corona. Peretas tampaknya memang memanfaatkan situasi pandemi ini untuk mengelabui korban, banyak orang yang pastinya mencari informasi terkait pandemi.

Bahayanya saat mengklik tautan yang berisi malware, peretas mampu mengambil data-data pribadi seperti media sosial hingga data banking pada ponsel atau komputer.

Jumlah domain yang mengandung kode berbahaya diperkirakan akan terus meningkat. Telah dilaporkan bahwa dalam beberapa hari terakhir, pendaftaran nama domain yang terkait dengan virus corona telah meroket.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini