Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Bandwidth Aman, YouTube Batasi Kualitas Video

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 13:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 26 207 2189271 jaga-bandwidth-aman-youtube-batasi-kualitas-video-ki8dQjbf2o.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- YouTube akan mengurangi kualitas video diseluruh dunia. Hal tersebut merupakan upaya untuk menjaga lalu lintas internet selama pandemi virus corona (COVID-19).

YouTube telah memperluas kebijakan yang awalnya diterapkan di Eropa. Otoritas setempat sebelumnya telah meminta layanan streaming, termasuk Netflix dan Amazon Prime Video, untuk mengurangi penggunaan bandwidth mereka.

"Selama beberapa hari mendatang, pemirsa pada awalnya akan melihat video YouTube dalam definisi standar. Pengguna masih dapat menonton dalam definisi tinggi jika mereka mau, tetapi harus memilih untuk melakukannya," kata YouTube seperti dilansir dari laman Vanguard, Kamis (26/3/2020).

Seperti diketahui, penggunaan layanan streaming telah melonjak dalam beberapa pekan terakhir karena kebijakan physical distancing ditengah pandemi COVID-19. Pemerintah diseluruh dunia telah mengimbau warganya untuk berada di dalam rumah.

Menurut YouTube, sebelumnya historis melonjak pada malam hari, namun saat ini konsumsi terus meningkat sepanjang hari. Perusahaan analisis Sandvine juga menambahkan bahwa lalu lintas YouTube telah meningkat lebih tinggi lagi baru-baru ini.

Streaming video memerlukan lebih banyak bandwidth internet daripada musik, olahpesan atau peta karena ukuran file yang besar.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini