Menkominfo Imbau Operator Jaga Layanan di Tengah Bencana Nasional COVID-19

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 26 54 2189423 menkominfo-imbau-operator-jaga-layanan-di-tengah-bencana-nasional-covid-19-TsxByYzziA.jpg (Foto: Ist/Kominfo)

JAKARTA - Di tengah bencana nasional virus corona (COVID-19), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mengimbau operator telekomunikasi untuk menyediakan layanan telekomunikasi dan internet dengan kapasitas dan kualitas layanan yang baik.

"Penyediaan produk dan solusi yang mendukung kebijakan Presiden RI untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah sesuai dengan kapasitas masing-masing operator telekomunikasi," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam konferensi pers online di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Untuk mengantisipasi lonjakan data trafik, Johnny juga mengimbau agar operator telekomunikasi melakukan optimasi, operasional dan pemeliharaan/perbaikan jaringan telekomunikasi, termasuk Base Transceiver Station (BTS), beserta alat dan perangkat telekomunikasi lain.

"Dengan tetap mematuhi kebijakan Pemerintah terkait pembatasan interaksi dan menjaga jarak aman (physical distancing)," imbuh Johnny.

Ia menyebutkan bahwa keputusan Menteri tersebut bersifat khusus, yakni berlaku hanya untuk keadaan darurat wabah sampai dengan Pemerintah menyatakan keadaan kondusif dan keadaan darurat diakhiri.

"Pemerintah juga akan memonitor berkumpulnya orang di masa darurat dalam rangka physical distancing melalui data pergerakan smartphone (Nomor HP/MSISDN) berdasarkan data BTS. Peringatan dapat diberikan melalui SMS blast," imbuh Johnny.

Berdasarkan informasi terbaru hari ini, jumlah kasus COVID-19 di Indonesia mencapai angka 893 positif, 78 meninggal dunia, dan 35 dinyatakan sembuh.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini