Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah COVID-19, LIPI Uji Tanaman Herbal dan Jamu Penguat Sistem Imun

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 13:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 26 56 2189284 cegah-covid-19-lipi-uji-tanaman-herbal-dan-jamu-penguat-sistem-imun-LDxc6Z6rbg.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia semakin luas. Hingga saat ini virus telah menyebar di 24 provinsi dan menginfeksi 686 orang. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) turut andil dalam mengkaji beberapa bahan alam yang bisa digunakan untuk mencegah risiko penyebaran virus semakin luas.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko mengungkap bahwa saat ini pihaknya tengah menguji beberapa tanaman herbal, jamu, maupun obat herbal terstandar yang potensial sebagai penguat sistem imun (immunomodulator) dan obat pencegah atau penghambat virus (antiviral) bagi COVID-19.

"Beberapa tanaman tersebut mencakup jahe merah, echinaceae, meniran, sambiloto, kayu surian, akar manis, rosella, biji anggur, bawang putih, teripang, serta tempe," kata Tri dalam konferensi online di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Seperti diketahui, hingga saat ini belum ada vaksin atau obat untuk COVID-19. Beberapa penelitian mengungkap bahwa imunitas yang baik menjadi salah satu cara mencegah dan mengobati virus tersebut.

Tidak hanya itu, Tri juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kaji cepat berbagai bahan kimia untuk disinfektan yang juga dirilis secara publik.

Lebih lanjut LIPI juga menemukan bahwa Airborne Sterilizer yang mampu mengeluarkan NanoOzone yang dapat menangkap dan menghancurkan virus corona di udara serta Mobile Disinfection Chamber atau tenda disinfeksi coronavirus, alat sterilisasi virus corona untuk uang kertas dan logam serta alat pelindung diri (APD) ramah lingkungan (biodegradable) bagi tenaga kesehatan dalam mencegah COVID-19, mencakup jas lab, penutup kepala, dan masker.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini