Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singapura Pakai Aplikasi TraceTogether untuk Pantau Pasien COVID-19

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 08:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 27 207 2189674 singapura-pakai-aplikasi-tracetogether-untuk-pantau-pasien-covid-19-fc1pPRuiQL.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Dalam upaya untuk memerangi pandemi virus corona (COVID-19), Pemerintah Singapura telah membuat aplikasi pelacakan TraceTogether. Aplikasi tersebut bisa diakses oleh pengembang diseluruh dunia.

"Kami percaya bahwa membuat kode kami tersedia untuk dunia akan meningkatkan kepercayaan dan kolaborasi dalam menghadapi ancaman global yang tidak menghormati batasan, sistem politik atau ekonomi," kata Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, seperti dilansir dari laman Straits Times, Jumat (27/3/2020).

Aplikasi TraceTogether dapat mengidentifikasi orang yang telah berada dalam jarak 2 m dari pasien COVID-19 selama setidaknya 30 menit. Aplikasi menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth dari ponsel.

"Jika seorang pengguna terinfeksi, pihak berwenang akan dapat dengan cepat menemukan pengguna lain yang telah berhubungan dekat dengannya, memungkinkan untuk mengidentifikasi kasus-kasus potensial dengan lebih mudah dan membantu mencegah penyebaran virus," kata Balakrishnan.

TraceTogether nantinya akan memberikan kode yang dapat dicocokkan pengguna dengan kode verifikasi yang sesuai pada aplikasi mereka. Setelah dikonfirmasi, pengguna akan mendapatkan PIN yang memungkinkan data dikirimkan.

Balakrishnan menambahkan bahwa TraceTogether telah diinstal oleh lebih dari 620.000 pengguna sejauh ini.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini