Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aplikasi TraceTogether Bakal Terpasang di Ponsel Pasien Positif COVID-19

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 08:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 27 207 2189678 aplikasi-tracetogether-bakal-terpasang-di-ponsel-pasien-positif-covid-19-Ea0tjHY7pt.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan operator telekomunikasi melacak penyebaran virus corona (COVID-19) dengan aplikasi. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate aplikasi tersebut setara dengan yang dikembangkan di Singapura atau aplikasi TraceTogether.

"Pada intinya aplikasi ini dikembangkan atau dibuat agar mampu melakukan tracing tracking dan fencing, sehingga usaha kita untuk memutus jalur sebaran COVID-19 dapat dilakukan dengan baik dan cepat," kata Johnny dalam konferensi pers online di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Johnny menambahkan nantinya aplikasi akan terpasang pada smartphone dari pasien positif COVID-19 untuk memberikan penanganan darurat apabila diperlukan oleh pasien.

"Aplikasi dapat melakukan tracing, tracking dan fencing, serta dapat memberikan warning (peringatan) jika melewati lokasi isolasinya," kata Johnny.

Aplikasi tracking tersebut akan me-log pergerakan pasien positif COVID-19 selama 14 hari ke belakang.

"Aplikasi juga dapat terhubung dengan operator selular lainnya untuk menghasilkan visualisasi yang sama," imbuh Johnny.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini