Tips UMKM Kembangkan Bisnis saat Pandemi COVID-19

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 92 2189778 tips-umkm-kembangkan-bisnis-saat-pandemi-covid-19-yWnjjVYgEp.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Virus corona (COVID-19) telah berdampak pada kehidupan manusia, termasuk bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Meskipun demikian, Head of Marketing Facebook Indonesia, Hilda Kitti mengatakan bahwa masih ada beberapa langkah yang diambil pada pegiat UMKM ditengah situasi pandemi ini. Salah satu kuncinya yakni komunikasi yang tepat, sehingga dapat menempatkan bisnis pada posisi yang tepat untuk menghadapi masa pemulihan.

"Hadirlah dimana pelanggan Anda menghabiskan sebagian besar waktunya. 96% dari masyarakat Indonesia mengatakan bahwa mereka mengandalkan aplikasi-aplikasi Facebook selama Ramadan, dengan 85% responden mengatakan WhatsApp sebagai media sosial favorit mereka," kata Hilda.

Lebih lanjut, Hilda menambahkan bahwa pemilik bisnis dan merek perlu untuk tetap terhubung dengan pelanggan diluar transaksi yang dilakukan, apalagi ditengah physical distancing sekarang ini.

"Menjaga komunikasi tetap berjalan dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting di tengah situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini," kata Hilda.

Beberapa hal yang bisa menjadi bahwa komunikasi diantaranya memberikan informasi dan mendidik konsumen tentang langkah-langkah yang diambil untuk memastikan bahwa jasa dan produk tersebut aman.

"Kuasai teknik story telling di perangkat mobile. Inti dari story telling adalah berfokus pada tema," jelas Hilda.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini