Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Informasi Terkait Virus Corona dari WHO Bisa Diakses di Whatsapp

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 29 Maret 2020 07:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 28 207 2190572 informasi-terkait-virus-corona-dari-who-bisa-diakses-di-whatsapp-9rArpyv5wC.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Ditengah pandemi virus corona (COVID-19), banyak orang mencari informasi terkait virus. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara aktif menyajikan informasi terkini tentang pandemi tersebut. Informasi terkait COVID-19 dari WHO bisa diakses melalui paltform WhatsApp.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, Minggu (29/3/2020) layanan WhatsApp tersebut dirancang untuk menjawab pertanyaan dari publik tentang virus corona yang bisa diakses selama 24 jam. Layanan juga akan melayani pembuat keputusan pemerintah dengan memberikan angka dan laporan situasi terbaru.

Untuk mengakses informasi tersebut, Anda bisa menyimpan nomer berikut +41794123236, lalu cukup kirim teks kata 'Hai' dalam pesan WhatsApp untuk memulai. Layanan ini menanggapi serangkaian konfirmasi dan akan diperbarui setiap hari dengan informasi terbaru. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Pusat Informasi Coronavirus WhatsApp di whatsapp.com/coronavirus, dan klik tautan WHO di beranda untuk membuka obrolan dengan Health Alert WHO.

Health Alert WHO akan memberikan informasi resmi tentang topik-topik seperti bagaimana melindungi diri Anda dari infeksi, saran perjalanan, dan menyanggah mitos virus corona. Layanan ini awalnya diluncurkan dalam bahasa Inggris, tetapi akhirnya tersedia lagi enam bahasa Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam beberapa yakni Inggris, Arab, Cina, Prancis, Rusia, dan Spanyol.

"Teknologi digital memberi kita kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk informasi kesehatan vital untuk menjadi viral dan menyebar lebih cepat daripada pandemi, membantu kita menyelamatkan hidup dan melindungi yang rentan. Kami bangga memiliki mitra seperti Facebook dan WhatsApp, yang mendukung kami dalam menjangkau miliaran orang dengan informasi kesehatan yang penting," kata Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Sejak Februari, WhatsApp telah menjangkau pemerintahan dibeberapa negara untuk membantu upaya mereka memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat umum. Seperti Pemerintah Singapura, Kementerian Kesehatan Israel, Departemen Kesehatan Afrika Selatan, dan Kominfo Indonesia.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini