Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Langgar Privasi, Zoom Hapus Facebook SDK dari iOS Client

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 29 Maret 2020 17:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 29 207 2190813 langgar-privasi-zoom-hapus-facebook-sdk-dari-ios-client-i0h8DC5zTu.jpg (Foto: The Guardian)

JAKARTA - Zoom, aplikasi video konferensi dilaporkan mengirimkan data pengguna ke Facebook. Kini, layanan video tersebut kabarnya menghapus Facebook SDK untuk mengatasi pelanggaran privasi tersebut.

Dilansir Webpronews, data sharing ini awalnya ditemukan oleh Motherboard. Terungkap bahwa aplikasi Zoom berbagi sejumlah data dengan Facebook, terlepas dari apakah pengguna memiliki akun Facebook atau tidak.

Tampaknya hal Ini tidak menyenangkan untuk banyak pengguna, terutama karena aplikasi telah mencapai status hampir default sebagai alat konferensi video pilihan karena jutaan orang bekerja dari rumah.

Zoom sejak merilis pembaruan menghapus SDK yang menyinggung tersebut, serta menawarkan penjelasan tentang apa yang terjadi.

"Kami awalnya menerapkan fitur ‘Login dengan Facebook’ menggunakan SDK Facebook untuk iOS (Perangkat Pengembangan Perangkat Lunak) untuk memberikan pengguna kami cara lain yang nyaman untuk mengakses platform kami. Namun, kami disadarkan pada hari Rabu, 25 Maret 2020, bahwa Facebook SDK mengumpulkan informasi perangkat yang tidak perlu bagi kami untuk menyediakan layanan kami," kata perusahaan.

Lebih lanjut perusahaan mengatakan, privasi pelanggan sangat penting dan pihaknya memutuskan untuk menghapus Facebook SDK di klien iOS. Selain itu, perusahaan juga telah mengonfigurasi ulang fitur sehingga pengguna masih dapat masuk dengan Facebook melalui browser mereka.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini