Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Bisa Hancur dengan Pelarut Lemak dan Suhu Panas

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Minggu 29 Maret 2020 18:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 29 56 2190769 virus-bisa-hancur-dengan-pelarut-lemak-dan-suhu-panas-tNWULS3VSk.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Ahli virus atau Virologist Mohammad Indro Cahyono mengatakan bahwa bagian luar virus terdiri dari glikoprotein. Bagian ini mudah hancur dengan cairan pelaruk lemat.

Pelarut lemak tersebut diantaranya sabun atau hand sanitizer untuk kebutuhan membersihkan tangan atau anggota tubuh. Sementara untuk menghancurkan virus di lingkungan bisa menggunakan pembersih lantai, cairan pencuci piring, dan satu lagi yang biasa disebut disinfektan untuk lingkungan di luar rumah. Disinfektan sendiri memiliki bermacam-macam kandungan, salah satu adalah glutaraldehyde.

"Banyam sekali yang bisa dipakai karena virus ini sendiri akan gampang hancur," ujarnya.

Selain itu, virus akan mudah hancur di bawah suhu panas. Indro mencontohkan, seperti di Indonesia dengan suhu rata-rata 26-30 derajat Celcius, virus itu tidak akan bertahan di bawah satu menit.

"Termasuk di tempat terang yang banyak cahaya, ada sinar matahari dia akan hancur. Jadi buat negara seperti Indonesia pada saat masih ada Matahari dari pagi sampai sore, jumlah paparan virus di lingkungan itu sangat kecil," pungkasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini