Aplikasi Lacak COVID-19 PeduliLindungi Bisa Diunduh Melalui Play Store

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 30 207 2190993 aplikasi-lacak-covid-19-pedulilindungi-bisa-diunduh-melalui-play-store-5kIQW9F2tC.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Aplikasi pelacak sebaran virus corona (COVID-19) buatan Indonesia, PeduliLindungi sudah bisa diunduh melalui Play Store. Dalam keterangannya aplikasi masih dalam tahap pengembangan, meskipun demikian pengguna bisa mengunduh dan mencoba.

Dikutip dari situs resmi PeduliLindungi, aplikasi ini dikembangkan untuk menghentikan penyebaran virus corona di Indonesia. Seperti diketahui, angka penyebaran virus corona semakin luas setiap harinya. Berdasarkan data per 29 Maret 2020, angka kasus virus corona di Indonesia mencapai 1285 positif, 114 meninggal dunia, dan 64 dinyatakan sembuh.

PeduliLindungi mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan. Meskipun demikian, PeduliLindungi menjamin privasi data penggunanya. Data pengguna akan dienkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

PeduliLindungi mengklaim data tersebut hanya akan diakses bila pengguna berada dalam risiko terinfeksi COVID-19 dan harus dihubungi petugas kesehatan.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengungkapkan bahwa aplikasi ini bukan hanya untuk melindungi pasien positif COVID-19 saja.

"Aplikasi ini dimaksudkan untuk melindungi baik pasien positif, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), suspect, dan masyarakat luas. Oleh karena itu aplikasi saat ini terus didevelop agar bisa diinstall oleh tidak hanya pasien positif, ODP, PDP dan Suspect tapi oleh seluruh masyarakat melalui smartphone," jelas Johnny.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini