Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astronot Manfaatkan Urine Bikin Pangkalan di Bulan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 13:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 30 56 2191143 astronot-manfaatkan-urine-bikin-pangkalan-di-bulan-bWoyhoyLXF.jpg (Foto: Techeblog)

JAKARTA - NASA, European Space Agency dan China National Space Administration (CNSA) menjadikan Bulan sebagai target penelitian. Mereka juga mencari tahu apakah suatu saat Bulan bisa dihuni oleh manusia.

Untuk bisa hidup di Bulan, tentu membutuhkan sumber daya walaupun terbatas. Penggunaan sumber daya lokal mungkin diperlukan ketimbang mengirim komponen bangunan ke luar angkasa.

Dikutip Techeblog, peneliti ESA menemukan bahwa urea, komponen urin, bisa menjadi kunci untuk menunjang kehidupan di Bulan. Ketika bahan-bahan itu dicampur dengan material bulan, maka beton bisa diciptakan.

Memanfaatkan bahan yang dikembangkan oleh ESA dan bersama-sama dengan urea serta berbagai pelunak lainnya, tim menggunakan printer 3D untuk membuat berbagai silinder 'lumpur'.

Sampel dengan urea mendukung bobot yang berat dan tetap dalam kondisi hampir stabil setelah dipanaskan hingga 80 derajat Celcius. Resistansi mereka juga diuji setelah delapan siklus beku-cair seperti di Bulan.

"Untuk membuat beton geopolimer yang akan digunakan di bulan, idenya adalah menggunakan apa yang ada di sana: regolith (material lepas dari permukaan bulan) dan air dari es yang ada di beberapa daerah,” kata Ramón Pamies, seorang profesor di Universitas Politeknik Cartagena (Murcia), dikutip Techeblog.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini