Gunakan Printer 3D, Mampukah Astronot Bikin Pangkalan di Bulan?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 30 56 2191382 gunakan-printer-3d-mampukah-astronot-bikin-pangkalan-di-bulan-oFkf5SFemP.jpg (Foto: Digital Trends)

JAKARTA - Bulan menjadi target penelitian ilmuwan dan juga badan antariksa. Diharapkan di masa depan astronot dapat tinggal di Bulan dengan mengandalkan sumber daya lokal, misalnya urine.

Dikutip Techeblog, peneliti ESA menemukan bahwa urea, komponen urin, bisa menjadi kunci untuk menunjang kehidupan di Bulan. Ketika bahan-bahan itu dicampur dengan material bulan, maka beton bisa diciptakan.

Inilah yang menjadi harapan peneliti bahwa kelak manusia dapat membangun pangkalan atau markas di Bulan, ketimbang mendatangkan komponen atau bahan dari Bumi.

Memanfaatkan bahan yang dikembangkan oleh ESA dan bersama-sama dengan urea serta berbagai pelunak lainnya, tim menggunakan printer 3D untuk membuat berbagai silinder 'lumpur'.

Sampel dengan urea mendukung bobot yang berat dan tetap dalam kondisi hampir stabil setelah dipanaskan hingga 80 derajat Celcius. Resistansi mereka juga diuji setelah delapan siklus beku-cair seperti di Bulan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini