Ahli Keamanan Peringatkan Aplikasi Telekonferensi Rentan Diserang Hacker

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 207 2191705 ahli-keamanan-peringatkan-aplikasi-telekonferensi-rentan-diserang-hacker-vS2P5jbBp1.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Pandemi virus corona (COVID-19) telah membuat beberapa negara menerapkan kebijakan physical distancing. Hal tersebut mengharuskan masyarakat untuk bekerja dari rumah untuk mengisolasi diri dan mengurangi kontak fisik dengan banyak orang. Ini diharapkan mampu mengurangi angka kasus virus corona (COVID-19) yang telah menginfeksi lebih dari 720 ribu orang.

Ditengah kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH), aplikasi meeting online atau telekonferensi menjadi salah satu aplikasi populer. Meskipun demikian ahli keamanan mengingatkan bahwa aplikasi semacam itu rentan disusupi hacker.

Dilansir dari laman Forbes, Selasa (31/3/2020) perusahaan keamanan Check Point, mengungkapkan adanya kerentanan dalam perangkat lunak di belakang platform konferensi video Zoom.

Masalah perangkat lunak itu merupakan kesalahan Zoom dan mereka telah menambalnya ketika diungkapkan tahun lalu. Tetapi laporan baru menyoroti masalah yang berbeda dan lebih serius, yang masih membuat basis pengguna Zoom mudah diserang peretas.

Zoom mengatakan bahwa masalah ini telah diatasi pada bulan Agustus 2019. Mereka menambahkan privasi dan keamanan pengguna Zoom adalah prioritas utama.

"Kamis terus menambahkan fitur dan fungsi tambahan untuk semakin memperkuat platform kami. Kami berterima kasih kepada tim Check Point karena membagikan penelitian mereka dan berkolaborasi dengan kami," kata Zoom..

Meskipun demikian, perusahaan menyarankan orang untuk menggunakan fitur keamanan jika tengah melakukan pertemuan besar atau sensitif. Pengguna juga bisa menggunakan password untuk mengamankan konferensi.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini