Sabun Lebif Efektif dari Disinfektan untuk Membunuh Virus

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 56 2191991 sabun-lebif-efektif-dari-disinfektan-untuk-membunuh-virus-QB00AvBGRB.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Sabun bekerja lebih baik dibandingkan disinfektan untuk membunuh virus. Sabun mampu melarutkan membran lemak. Jadi ketika bagian luar virus atau lemak sudah hancur, virus menjadi tidak aktif.

Dilansir dari laman Market Watch, Selasa (31/3/2020) disinfektan, atau cairan, tisu, gel, dan krim yang mengandung alkohol dan sabun memiliki efek yang serupa tetapi tidak sebagus sabun biasa. Selain alkohol dan sabun, agen antibakteri dalam produk-produk itu tidak banyak mempengaruhi struktur virus.

Sebagian besar virus terdiri dari tiga blok pembangun utama yakni RNA, protein dan lipid. Lipid membentuk lapisan di sekitar virus, baik untuk perlindungan dan untuk membantu penyebaran dan invasi selulernya. RNA, protein dan lipid berkumpul sendiri untuk membentuk virus. Secara kritis, tidak ada ikatan “kovalen” yang kuat yang menyatukan unit-unit ini.

Alih-alih, self-assembly virus didasarkan pada interaksi “non-kovalen” yang lemah antara protein, RNA dan lipid.

Virus Corona SARS-CoV-2 diprediksi tetap aktif di permukaan selama berhari-hari. Namun virus bisa kurang stabil karena kelembaban, sinar matahari (sinar UV) dan panas (gerakan molekuler).

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini