Sains Jelaskan Mengapa Seseorang Mengantuk saat Membaca

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 56 2191994 sains-jelaskan-mengapa-seseorang-mengantuk-saat-membaca-UKZTXlZKlU.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Pernahkan Anda mengantuk atau tiba-tiba tidur ketika sedang membaca buku? Hal tersebut mungkin pernah dialami beberapa orang. Ada beberapa alasan mengapa orang mengantuk saat membaca buku.

Dikutip dari laman Wonderlist, Selasa (31/3/2020) membaca menjadi pekerjaan yang cukup melelahkan meskipun terlihat ringan. Pasalnya saat membaca mata seseorang terus bergerak mengikuti setiap kalian. Selain itu, membaca juga membutuhkan kekuatan otak ketika otak untuk menafsirkan setiap huruf yang dilihat oleh mata dan mengubahnya menjadi kata-kata, kalimat, dan paragraf yang bermakna.

Ketika otak bekerja keras dan otot mata lelah, menyebabkan mata perlahan-lahan menutup dan kemudian seseorang tertidur.

Membaca bukanlah hal yang buruk bagi mata. Seseorang yang memakai kacamata sebaiknya mengenakan kacamata ketika membaca karena hal ini bisa menjaga mata dari ketegangan.

Mengantuk ketika membaca buku menjadi semakin kuat ketika buku bacaan yang dibaca tidak menarik minat.

Untuk mengatasi kantuk saat membaca mungkin Anda bisa duduk di kursi yang nyaman. Gunakan pencahayaan ekstra untuk mengurangi ketegangan mata. Juga pastikan suhu tidak terlalu panas. Membaca di lingkungan yang terlalu hangat dapat membuat Anda mengantuk dengan tergesa-gesa.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini