Cegah Corona, Ini Cara Membersihkan Ponsel yang Benar

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 92 2191659 cegah-corona-ini-cara-membersihkan-ponsel-yang-benar-9cKnuThKG4.jpg (Foto: 30 Seconds)

JAKARTA - Studi menunjukkan bahwa virus bisa menempel pada permukaan benda. Untuk memutus penyebaran virus corona, salah satunya bisa Anda perhatikan kebersihan benda yang sering Anda pegang, yakni ponsel.

Menurut analisis dari Journal of Hospital Infection, virus korona dan kuman lain dapat hidup di permukaan seperti kaca, logam atau plastik hingga sembilan hari. Ini artinya virus bisa hinggap di ponsel.

Untuk membersihkan ponsel, tentu tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hindari cairan yang memiliki kandungan keras seperti hidrogen peroksida.

Selain itu, jangan langsung mengaplikasikan cairan untuk disemprot ke arah ponsel. Hal ini karena cairan bisa saja masuk ke dalam lubang port, sehingga merusak perangkat.

Anda dapat menyemprotkan disinfeksi ke kain yang lembut terlebih dahulu, kemudian mengaplikasikannya ke ponsel. Hindari penggunaan tisu yang kasar karena akan menimbulkan goresan pada ponsel.

Dilansir dari laman Syracuse, tidak peduli berapa kali mencuci tangan dan sanitasi yang dilakukan, ketika Anda segera mengambil ponsel yang tidak bersih, maka akan terpapar kuman juga.

Untuk itu, perhatikan cara membersihkan ponsel yang benar sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini